Langsung ke konten utama

SISTEM KOMPUTER RANGKAIAN T FLIP FLOP DAN JK FLIP FLOP

A.  JK Flip Flop

       JK flip flop merupakan flip flopyang yang dibangun berdasarkan pengembangan dari RS flip flop. jika jk flipflop sering diaplikasikan sebagai komponen dasar suatu counter dan pencacah naik (up counter) maupun pencacah turun (down counter). jk flipflop dalam penyebutannya di dunia digital sering ditulis dengan simbol JK-FF

  • Rangkaian dasar jk flip flop
 Hasil gambar untuk rangkaian jk flip flop
  
       Gambar rangkaian diatas memperlihatkan salah satu cara untuk membangun sebuah flip-flop JK, J dan K disebut masukan pengendali karena menentukan apa yang dilakukan oleh flip-flop pada saat suatu pinggiran pulsa positif diberikan.

       Pada saat J rendah dan K tinggi, gerbang atas tertutup, maka tidak terdapat kemungkinan untuk mengeset flip-flop.  Pada saat Q adalah tinggi, gerbang bawah melewatkan pemicu reset segera setelah pinggiran pulsa lonceng positif berikutnya tiba. Hal ini mendorong Q menjadi rendah . Oleh karenanya J = 0 dan K=1 berarti bahwa pinggiran pulsa lonceng positif berikutnya akan mereset flip-flopnya.

       Pada saat J tinggi dan K rendah, gerbang bawah tertutup dan pada saat J dan K keduanya tinggi, kita dapat mengeset atau mereset flip-flopnya. 

  • Tabel kebenaran rangkaian jk flip flop 
Hasil gambar untuk tabel kebenaran jk flip flop

  • Diagram jk flip flop

Gambar terkait

B. T FLIP FLOP

       T Flip-flop merupakan rangkaian flip-flop yang dibangun dengan menggunakan flip-flop J-K yang kedua inputnya dihubungkan menjadi satu, maka akan diperoleh flip-flop yang memiliki watak membalik output sebelumnya jika inputannya tinggi dan outputnya akan tetap jika inputnya rendah. Flip-flop T dapat dibentuk dari flip-flop JK dengan menggabungkan masukan J dan K sebagai masukan T.

  • Rangkaian T flip flop
Hasil gambar untuk rangkaian t flip flop

       Perhatikan bahwa bila T=0 akan membuat J=K=0 sehingga keadaan flip-flop tidak berubah. Tetapi bila T=1, J=K=1 akan membuat flip-flop beroperasi secara toggle.

  • Tabel kebenaran T flip flop




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM KOMPUTER (PERIPHERAL EKSTERNAL)

PERIPHERAL EKSTERNAL PADA SISTEM KOMPUTER Pengertian peripheral Peripheral merupakan perangkat keras tambahan yang dihubungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh perangkat keras yang sudah terpasang didalam casing. Peripheral utama (main peripheral) Yaitu peralatan yang harus ada ketika kita akan mengoperasikan komputer. Misalnya  peripheral utama yaitu: monitor, mouse dan juga keyboard. 2. Peripheral pendukung (auxillary peripheral) Yaitu peralatan yang tidak mesti ada ketika kita akan mengoperasikan komputer tetapi  diperlukan untuk keperluan tertentu. Misalnya seperti printer, scanner, modem, wifi adaptor, web cam dan lain-lain.  Peripheral input Keyboard Keyboard adalah hardware unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard bisa digun...

CONTOH FLOWCHART

3 CONTOH FLOWCHART YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEHIDUPAN SEHARI HARI contoh flowchart membuat kopi contoh flowchart membuat akun facebook contoh flowchart menghapus tulisan di buku

12 PRINSIP DASAR ANIMASI

PRINSIP DASAR ANIMASI Ada berbagai macam teori dan pendapat tentang bagaimana seharusnya animasi itu dibuat. Tetapi setidaknya ada 12 prinsip yang harus dipenuhi untuk membuat sebuah animasi yang ‘hidup’. Ke-12 prinsip ini meliputi dasar-dasar gerak, pengaturan waktu, peng-kaya-an visual, sekaligus teknis pembuatan sebuah animasi. yaitu: 1.  Solid Drawing     Menggambar sebagai dasar utama animasi memegang peranan yang signifikan dalam menentukan -baik proses maupun hasil- sebuah animasi, terutama animasi klasik. Seorang animator harus memiliki kepekaan terhadap anatomi, komposisi, berat, keseimbangan, pencahayaan, dan sebagainya yang dapat dilatih melalui serangkaian observasi dan pengamatan, dimana dalam observasi itu salah satu yang harus dilakukan adalah: menggambar. Meskipun kini peran gambar -yang dihasilkan sketsa manual- sudah bisa digantikan oleh komputer, tetapi dengan pemahaman dasar dari prinsip ‘menggambar’ akan menghasilkan animasi yang lebih ...