Langsung ke konten utama

SISTEM KOMPUTER (GERBANG GERBANG LOGIKA)

GERBANG GERBANG LOGIKA

penerapan konsep dasar listrik & elektronik

Bentuk dasar blok dari setiap rangkaian digital adalah suatu gerbang logika.

Gerbang logika adalah rangkaian dengan satu atau lebih dari satu sinyal masukan tetapi hanya menghasilkan satu sinyal masukan satu sinyal berupa tegangan tinggi atau tegangan rendah.
Gerbang logika yang khususnya dipakai didalam komputer digital, dibuat dalam bentuk IC (intergrated circuit) yang terdiri atas transistor transistor, diode, dan komponen lainnya.

Gambar terkait

Gerbang logika dapat mempunyai beberapa masukan yang masing masing mempunyai salah satu dari dua keadaan logika, yaitu "0" atau "1". macam gerbang logika dasar adalah gerbang OR, AND, NOT.

Arti dari :
  • 0, berarti mati (false)
  • 1, berarti hidup (true)
Macam macam gerbang logika adalah :
       
      A.  Gerbang OR
  
          ↣ gerbang OR diterjemahkan sebagai gerbang "ATAU" artinya sebuah gerbang logika yang
               keluarannya berlogika "1" jika salah satu atau seluruh inputnya berlogika "1".
       
           jika ada dua input maka tabel kebenaran dan simbolnya dapat digambarkan sebagai
:
Hasil gambar untuk GERBANG OR
       
           ↣ kuncinya yaitu jika salah satu inputnya 1(on), maka outputnya menjadi nyala 1(on).
             
               X dan Y adalah masukan (input) sedangkan Z adalah keluaran (output).
       

      B . Gerbang AND 

           ↣ Gerbang AND merupakan jenis gerbang digital keluaran "1" jika seluruh inputnya "1".
                gerbang AND diterjemahkan sebagai gerbang "DAN" artinya sebuah gerbang logika yang
                keluarannya berlogika "1" jika input A dan input B dan seterusnya berlogika "1".
         
            tabel kebenaran dan simbolnya adalah sebagai berikut :
Hasil gambar untuk gerbang and
          
             kuncinya jika inputnya semua "1" (on) , maka outputnya menjadi "1" (on) dan jika salah    
                satu inputnya "1", maka ouputnya menjadi "0" (off). atau jika inputnya ada "0" maka 
                outputnya mati.

     C. Gerbang NOT 
  
            jenis rangkaian digital dasar lain adalah gerbang NOT. gerbang NOT ini disebut "Inverter" 
               (pembalik). rangkaian ini mempunyai "1" masukan dan "1" keluaran.

            Gerbang NOT bekerja membalik sinyal masukan, jika masukannya rendah, maka
                keluarannya tinggi, begitupun sebaliknya.

           ↣ tabel kebenaran dan simbolnya dapat dituliskan sebagai berikut :
Gambar terkait
      D. Gerbang NOR (NOT + OR)

             gerbang NOR adalah gerbang kombinasi dari gerbang NOT dan gerbang OR. dalam hal ini                  ada empat kondisi yang dapat dianalisis dan disajikan pada tabel kebenaran dan simbolnya                  sebagai berikut.


Hasil gambar untuk gerbang nor

           ↣ kuncinya jika salah satu input "1" (on), maka outputnya menjadi "0" (off) dan jika semua                     input "0"(off) maka outputnya menjadi "1" (on) atau jika inputnya ada "1" (on) berarti mati

       E. Gerbang NAND (NOT + AND)
 
           ↣ Gerbang NAND adalah gerbang kombinasi dari gerbang NOT dan gerbang AND. dalam 
                hal ini ada empat kondisi dan simbol dari gerbang NAND  yaitu sebagai berikut:



Hasil gambar untuk gerbang nand    
              ↣ kuncinya jika ada angka "0' (off), maka outputnya menjadi "1" (on).

        F. Gerbang X - OR

              ↣ Gerbang X - OR (exclusive - or) akan memberikan keluaran "1" (on), jika kedua
                   masukannya mempunyai keadaan yang berbeda. dalam hal in ada empat kondisi 
                   simbolnya yaitu :
                 
Hasil gambar untuk gerbang x - or
 

             ↣ kuncinya jika inputnya beda, maka outputnya menjadi nyala dan jika inputnya sama,   
                  maka, outputnya mati atau nyala jika berlawanan.

     G. Gerbang X - NOR
 
             ↣ Gerbang X - NOR dibentuk dari kombinasi gerbang OR dan gerbang NOT yang 
                 merupakan inversinya atau lawan X - OR, sehingga dapat juga dibentuk dengan
                 gerbang NOT.

             ↣ tabel kebenaran dan simbolnya dapat dituliskan sebagai berikut :

Hasil gambar untuk gerbang x - or

             ↣ kuncinya jika inputnya sama maka nyala dan jika inputnya beda, maka mati


















































Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM KOMPUTER (PERIPHERAL EKSTERNAL)

PERIPHERAL EKSTERNAL PADA SISTEM KOMPUTER Pengertian peripheral Peripheral merupakan perangkat keras tambahan yang dihubungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh perangkat keras yang sudah terpasang didalam casing. Peripheral utama (main peripheral) Yaitu peralatan yang harus ada ketika kita akan mengoperasikan komputer. Misalnya  peripheral utama yaitu: monitor, mouse dan juga keyboard. 2. Peripheral pendukung (auxillary peripheral) Yaitu peralatan yang tidak mesti ada ketika kita akan mengoperasikan komputer tetapi  diperlukan untuk keperluan tertentu. Misalnya seperti printer, scanner, modem, wifi adaptor, web cam dan lain-lain.  Peripheral input Keyboard Keyboard adalah hardware unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard bisa digun...

CONTOH FLOWCHART

3 CONTOH FLOWCHART YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEHIDUPAN SEHARI HARI contoh flowchart membuat kopi contoh flowchart membuat akun facebook contoh flowchart menghapus tulisan di buku

12 PRINSIP DASAR ANIMASI

PRINSIP DASAR ANIMASI Ada berbagai macam teori dan pendapat tentang bagaimana seharusnya animasi itu dibuat. Tetapi setidaknya ada 12 prinsip yang harus dipenuhi untuk membuat sebuah animasi yang ‘hidup’. Ke-12 prinsip ini meliputi dasar-dasar gerak, pengaturan waktu, peng-kaya-an visual, sekaligus teknis pembuatan sebuah animasi. yaitu: 1.  Solid Drawing     Menggambar sebagai dasar utama animasi memegang peranan yang signifikan dalam menentukan -baik proses maupun hasil- sebuah animasi, terutama animasi klasik. Seorang animator harus memiliki kepekaan terhadap anatomi, komposisi, berat, keseimbangan, pencahayaan, dan sebagainya yang dapat dilatih melalui serangkaian observasi dan pengamatan, dimana dalam observasi itu salah satu yang harus dilakukan adalah: menggambar. Meskipun kini peran gambar -yang dihasilkan sketsa manual- sudah bisa digantikan oleh komputer, tetapi dengan pemahaman dasar dari prinsip ‘menggambar’ akan menghasilkan animasi yang lebih ...