Langsung ke konten utama

DASAR DESAIN GRAFIS (PENGERTIAN VEKTOR)


1. apakah yang dimaksud dengan gambar vektor!
    jawab :

    gambar vektor merupakan gmabar yang terbentuk dari kumpulan titik melainkan 
    terbentuk dari sejumlah garis dan kurva. gambar jenis ini terdiri dari titik dan apabila 
    tampilan diperbesar maka gambar tidak akan kehilangan detailnya sehingga kualitas
    gambarnya tetap baik. 

2. sebutkan ciri ciri gambar vektor!
    jawab :

    ciri cirinya yaitu :
       1. disusun oleh objek geometris yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis
       2. sifatnya resolution independent
       3. pengaruh pembesaran tidak pecah, blur atau rusak
       4. ukuran penyimpanan relatif kecil
       5. digunakan untuk ilustrasi dengan bentuk geometris sederhana dan warna solid
       6. format penyimpanan bisa berupa AI, CDR, FH, EPS
       7. cocok untuk logo dan jenis desain yang mengandalkan kesederhanaan bentuk
  
3. aplikasi apa sajakah yang dapat digunakan untuk 
    membuat gambar vektor dan jelaskanlah!
      jawab :

      aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat gambar vektor adalah sebagai berikut:
         1. adobe illustrator

             Hasil gambar untuk Adobe Illustrator   
             Adobe illustrator adalah program editor grafis vektor terkemuka, dikembangkan 
             dan dipasarkan oleh Adobe system. illustrator CC merupakan versi terkini program  
             ini, generasi kedua puluh untuk produk illustrator.

         2. Macromedia freehand
             Hasil gambar untuk Macromedia Freehand
            Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 
            dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon
            untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris) untuk
            diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional.

         3. Corel Draw
             Hasil gambar untuk corel draw
              CorelDraw adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah 
             perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terbarunya,
             CorelDRAW X8 (setara dengan versi 18) dirilis pada tanggal 15 maret 2016
             CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk sistem operasi windows 2000 dan
             seterusnya.

         4. Serif drawplus
             
           Gambar terkait
              DrawPlus adalah editor grafis 2D dan perangkat lunak animasi yang dikembangkan
               oleh perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Inggris Serif, juga bertanggung 
               jawab untuk PhotoPlus, PagePlus, WebPlus, Digital Scrapbook Artist, Affinity                         Designer, Affinity Photo dan judul lainnya.
          
4. bagaimanakah cara membuat gambar vektor!
    jawab :

    cara membuat gambar vektor dengan photoshop adalah sebagai berikut:
   
        1. Pertama buka dulu aplikaasi corel draw X3. jika belum punya silahkan download  
            terlebih dahulu.


         2. Kedua, buatkah objek gambar 'elips/lingkaran' karena kali ini kita akan membuat 
             sebuah gambar jeruk.

         3. Setelah itu klik tombol fountain fill pada fill tool untuk memberikan warna pada 
             objek yang telah kita gambar tadi.
               
             4. Akan muncul jendela fountain fill.
          
             5. Sesuaikan dengan warna yang anda inginkan.
             6. Objek akan otomatis terwarnai jika sebelum melakukan pengaturan warna objek di 
                 klik terlebih dahulu.
            7. Objek sudah menyerupai gambar jeruk, langkah selajutnya tinggal membuat batang 
                dan daunya saja.



    5. jelaskan perbedaan gambar bitmap dan vektor!
        jawab :

        perbedaannya yaitu :

    •     Vektor

                   1. Gambar tetap jelas ketika di perbesar
                   2. Ukuran File yang dihasilkan kecil
                   3. Tersusun oleh garis dan kurva
                   4. Kualitas grafis tidak bergantung dari banyaknya pixel
    • Bitmap
                   1. Gambar kurang jelas ketika di perbesar
                   2. Ukuran File yang dihasilkan besar
                   3. Tersusun atas titik-titik/dot
                   4. Kualitas grafis bergantung dari banyaknya pixel



    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    SISTEM KOMPUTER (PERIPHERAL EKSTERNAL)

    PERIPHERAL EKSTERNAL PADA SISTEM KOMPUTER Pengertian peripheral Peripheral merupakan perangkat keras tambahan yang dihubungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh perangkat keras yang sudah terpasang didalam casing. Peripheral utama (main peripheral) Yaitu peralatan yang harus ada ketika kita akan mengoperasikan komputer. Misalnya  peripheral utama yaitu: monitor, mouse dan juga keyboard. 2. Peripheral pendukung (auxillary peripheral) Yaitu peralatan yang tidak mesti ada ketika kita akan mengoperasikan komputer tetapi  diperlukan untuk keperluan tertentu. Misalnya seperti printer, scanner, modem, wifi adaptor, web cam dan lain-lain.  Peripheral input Keyboard Keyboard adalah hardware unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard bisa digun...

    CONTOH FLOWCHART

    3 CONTOH FLOWCHART YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEHIDUPAN SEHARI HARI contoh flowchart membuat kopi contoh flowchart membuat akun facebook contoh flowchart menghapus tulisan di buku

    12 PRINSIP DASAR ANIMASI

    PRINSIP DASAR ANIMASI Ada berbagai macam teori dan pendapat tentang bagaimana seharusnya animasi itu dibuat. Tetapi setidaknya ada 12 prinsip yang harus dipenuhi untuk membuat sebuah animasi yang ‘hidup’. Ke-12 prinsip ini meliputi dasar-dasar gerak, pengaturan waktu, peng-kaya-an visual, sekaligus teknis pembuatan sebuah animasi. yaitu: 1.  Solid Drawing     Menggambar sebagai dasar utama animasi memegang peranan yang signifikan dalam menentukan -baik proses maupun hasil- sebuah animasi, terutama animasi klasik. Seorang animator harus memiliki kepekaan terhadap anatomi, komposisi, berat, keseimbangan, pencahayaan, dan sebagainya yang dapat dilatih melalui serangkaian observasi dan pengamatan, dimana dalam observasi itu salah satu yang harus dilakukan adalah: menggambar. Meskipun kini peran gambar -yang dihasilkan sketsa manual- sudah bisa digantikan oleh komputer, tetapi dengan pemahaman dasar dari prinsip ‘menggambar’ akan menghasilkan animasi yang lebih ...