Langsung ke konten utama

BAHASA INGGRIS (PERSONAL LETTER)


  • Pengertian Personal Letter
Personal Letter is a type of letter (or informal composition) that usually concerns personal matters (rather than professional concerns) and is sent from one individual to another.

Jika kita berbicara mengenai pengertian personal letter atau definition of personal letter maka dapat kita katakan secara sederhana bahwa personal letter adalah sebuah surat yang dikirim oleh seseorang secara individu kepada orang lain atau pun instansi tertentu.

Tujuan dikirimkannya surat tersebut adalah untuk hal-hal yang sifatnya pribadi atau masalah pribadi si pengirim surat.

  •  Beberapa hal yang bisa menjadi isi dari personal letter antara lain yaitu:
1) Permintaan maaf (apologies)
2) Ucapan selamat (Congratulations)
3) Undangan (Invitations)


Sesuai dengan namanya, personal letter tentu saja berisikan hal-hal personal atau pribadi jadi ini sangat berbeda dengan jenis surat resmi. Dengan surat pribadi seperti ini tentu saja kita dapat menggunakannya misalnya untuk mengungkapkan perasaan kepada yang dikirimi surat. 


  • Kaidah Penulisan Personal Letter
Di atas telah dijelaskan bahwa "personal letter" tidak harus menggunakan kaidah penulisan baku tetapi menggunakan penulisan sesuai keinginan. Namun begitu tetap saja ada beberapa hal yang bisa kita sesuaikan sebagai acuan dalam membuat surat pribadi yang baik. Tidak harus mengikuti tata penulisannya namun setidaknya bagian-bagian personal letter tersebut bisa dijadikan acuan dalam penulisan surat yang baik.


  • Bagian bagian surat pribadi

Address
address atau alamat merupakan bagian opsional pada surat pribadi. Oleh karena itu, kamu tidak wajib menuliskan alamatmu. Oh iya, jenis alamat itu ada dua. jenisnya terdiri dari alamat pengirim dan penerima. Posisi alamat pengirim adalah di pojok kanan atas, sedangkan alamat penerima adalah pojok kiri atas sedikit di bawah alamat pengirim.

Date
Selain alamat, tanggal juga merupakan salah satu bagian opsional pada surat pribadi. Tanggal diletakkan di bawah alamat. Penulisan tanggal ada dua jenis, yakni: British style dan American style. Untuk cara penulisan British Style, dapat ditulis begini 17 August 2017, sedangkan untuk American Style dapat ditulis begini August 17, 2017.

Salutation
Salutation juga sering disebut sebagai greeting. Oleh karena itu, salutation juga dapat diartikan sebagai salam pembuka, ya. Salam pembuka pada surat pribadi memiliki contoh yang beragam. Beberapa di antaranya: Dear, Hi, Hallo kemudian diikuti dengan nama penerima. Contohnya Dear Thaliya. Variasi lain dari salutation misalnya my beloved sister dan my lovely mom.

Introduction
Sesuai dengan namanya, bagian ini berisi pembukaan dari surat pribadi. Biasanya berisi komentar atas surat sebelumnya, jika surat yang kamu tulis merupakan surat balasan. Selain itu, introduction juga bisa berisi kabar terbaru dari si penulis surat. Selain itu, di bagian ini, penulis surat juga bisa membuat beberapa kalimat untuk menghubungkan dengan isi surat.

Body
Bagian ini merupakan isi dari surat. Ada berbagai jenis isi surat pada surat pribadi. Isi surat juga akan berhubungan dengan tujuan dari surat.

Yuk, Membuat Personal Letter dalam Bahasa Inggris

Closing
Dalam bagian penutup dari surat pribadi, teman-teman bisa menambahkan kalimat penutup untuk mengakhiri surat. Dalam membuat kalimat penutup, kamu bisa juga menambahkan harapan untuk penerima surat tersebut. Beberapa contohnya antara lain adalah Sorry, I have to finish my homework now. I would wait for your reply dan I have to go now. See you soon and good luck! 

Greeting for Closing
Salam penutup pada surat pribadi ternyata sangat beragam. Beberapa di antaranya adalah Yours, ThaliyaRegards, Surya Nugraha; atau Hugs and kisses, Uya.

Signature
cantumkan nama yang jelas dan tanda tangan

  • contoh personal letter


Hasil gambar untuk personal letter structure

Hasil gambar untuk personal letter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM KOMPUTER (CARA KERJA SISTEM INPUT, OUTPUT DAN PROCES PADA KOMPUTER)

Bagaimanakah cara kerja sistem input, output dan proses pada komputer? 1. Pemasukan (Input) Tahap pemasukan (input) merupakan tahap awal dari proses pengolahan yang terjadi pada sistem komputer. Tahap ini berupa pemasukan data mentah ke dalam sistem komputer melalui input device. Contoh dari peralatan masukan (input device) diantaranya, keyboard, mouse, scanner, dll. Alat-alat inilah yang digunakan untuk memasukan data yang hendak diolah. Seperti hal nya keyboard, difungsikan untuk memasukan huruf, angka, maupun simbol-simbol lainnya ke dalam komputer yang selanjutnya akan diproses. 2. Pemrosesan (Process) Pada tahap ini, data yang telah dimasukan melalui peralatan input tadi akan diproses. Tahap proses ini dilakukan oleh processing device yaitu CPU. Yang mana CPU ini dapat melakukan fungsi perhitungan dan logika untuk perbandingan (ALU) dan juga mengontrol (CU). Pada tahap ini, data yang masih mentah tadi diproses sedemikian rupa sehingga data tersebut siap dicetak men

KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR (MENGENAI JARINGAN)

1. jelaskan apa yang dimaksud dengan jaringan!     jawab :     jaringan (network) adalah sebuah sisitem operasi yang terdiri atas sejumlah komputer     dan perangkat jaringan lainnya yang berkerja bersama sama untuk mencapai suatu      tujuan yang sama atau suatu jaringan kerja yang terdiri dari titik titik (nodes) yang      terhubung satu sama lain, dengan atau tanpa kabel.  2. apakah perbedaan jaringan dengan internet?     jawab:      perbedaan jaringan dengan internet yaitu: Jaringan komputer mengatur komputer dari mulai, proses, hingga akhir informasi atau data tersampaikan, yang disebut sebagai network hubs. Sedangkan, internet merupakan susunan umum PC (personal computer) yang saling berhubungan yang mengatur penggunaan konvensi Internet melalui protokol TCP / IP, dalam menghubungkan berbagai gadget di seluruh dunia. Internet membantu pengguna dalam mengakses World Wide Web (WWW), sedangkan koneksi jaringan membantu pengguna dalam mengakses perangkat komp

CONTOH FLOWCHART

3 CONTOH FLOWCHART YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEHIDUPAN SEHARI HARI contoh flowchart membuat kopi contoh flowchart membuat akun facebook contoh flowchart menghapus tulisan di buku