Langsung ke konten utama

ANIMASI PT.2

1. apakah yang dimaksud dengan animasi
    jawab:
    Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan. secara umum dapat dikatakan sebagai suatu sequence gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu (timeline) tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak.
2. jelaskan macam macam dari animasi
    jawab:


  1. Animasi 2D dan 3D
    Dunia animasi 2D merupakan animasi yang dalam pembuatannya memakai bantuan komputer tetapi tetap menggunakan kemampuan lembaran demi lembaran seperti cara manual. Animasi 3D merupakan jenis animasi yang mempunyai picture lebih halus dan juga mengandung kedalaman ruang dalam obyeknya, sehingga para penikmat film dapat gampang membedakan animasi 3D dengan animasi lainnya. Dalam animasi 3D ini memiliki pencahayaan yang sangat sempurna dan obyeknya sangat mirip dengan dunia nyata bahkan objek dalam animasi ini dapat dilihat dari semua sudut atau sisi. penciptaan animasi 3 Dimensi ini menggunakan bantuan komputer bagus sehingga kualitas obyek yang dihasilkan sangat baik dan bahkan mirip seperti dunia nyata.

      2. Animasi sell dan motion tween 

    animasi sel berasal dari kata "celluloid", yang merupakan bahan dasar pembuatan animasi jenis ini ketika tahun awal adanya animasi. disebut cell animation karena dalam pembuatannya menggunakan lembaran lembaran yang membentuk animasi tunggal, masing cel merupakan bagian yang terpisah sebagai objek animasi.
animasi tweening adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir 

     3. Animasi frame

     Animasi frame merupakan animasi yang paling sederhana, dimana animasinya didapatkan dari rangkaian gambar yang bergantian ditunjukan, pergantian gambar ini diukur dalam satuan fps (frame per second). Contoh animasi ini adalah ketika kita membuat rangkaian gambar yang berbeda pada tepian sebuah buku, kemudian kita buka buku tersebut sedemikian rupa menggunakan jempol, maka gambar akan terlihat bergerak. Dalam Macromedia Flash, animasi ini dibuat dengan teknik animasi keyframe, teknik ini sering digunakan untuk mendapatkan animasi objek yang tidak bisa didapatkan dengan teknik animasi tween, teknik animasi path dan teknik animasi script.

     4. Animasi sprite


       Pada animasi ini setiap objek bergerak secara mandiri dengan latar belakang yang diam, setiap objek animasi disebut “sprite”. Tidak seperti animasi cel dan animasi frame, setiap objek dalam animasi sprite bergerak tidak dalam waktu bersamaan, memiliki besar fps yang berbeda dan pengeditan hanya dapat dilakukan pada masing-masing objek sprite. Contoh animasi ini adalah animasi rotasi planet, burung terbang dan bola yang memantul. Penggunaan animasi jenis ini sering digunakan dalam Macromedia Director.
      5. Animasi path
       Animasi path adalah animasi dari objek yang gerakannya mengikuti garis lintasan yang sudah ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah animasi kereta api yang bergerak mengikuti lintasan rel. Biasanya dalam animasi path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai kondisi tertentu. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan teknik animasi path, teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan sebagai lintasan gerakan objek.
      6. Animasi morphing
    Morphing adalah mengubah satu bentuk menjadi bentuk yang lain. Morphing memperlihatkan serangkaian frame yang menciptakan gerakan halus dari bentuk pertama yang kemudian mengubah dirinya menjadi bentuk yang lain. Dalam Macromedia Flash animasi jenis ini dilakukan dengan teknik tweening shape.
3. carilah contoh animasi gif dari macam macam animasi tersebut minimal 7 gambar
    jawab:

1. Animasi 2D 










2. Animasi 3D












3. Animasi sell









4. Animasi motion tween 





5. Animasi frame


6. Animasi Sprite





7. Animasi path




8. Animasi morphing
























Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM KOMPUTER (CARA KERJA SISTEM INPUT, OUTPUT DAN PROCES PADA KOMPUTER)

Bagaimanakah cara kerja sistem input, output dan proses pada komputer? 1. Pemasukan (Input) Tahap pemasukan (input) merupakan tahap awal dari proses pengolahan yang terjadi pada sistem komputer. Tahap ini berupa pemasukan data mentah ke dalam sistem komputer melalui input device. Contoh dari peralatan masukan (input device) diantaranya, keyboard, mouse, scanner, dll. Alat-alat inilah yang digunakan untuk memasukan data yang hendak diolah. Seperti hal nya keyboard, difungsikan untuk memasukan huruf, angka, maupun simbol-simbol lainnya ke dalam komputer yang selanjutnya akan diproses. 2. Pemrosesan (Process) Pada tahap ini, data yang telah dimasukan melalui peralatan input tadi akan diproses. Tahap proses ini dilakukan oleh processing device yaitu CPU. Yang mana CPU ini dapat melakukan fungsi perhitungan dan logika untuk perbandingan (ALU) dan juga mengontrol (CU). Pada tahap ini, data yang masih mentah tadi diproses sedemikian rupa sehingga data tersebut siap dicetak men

KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR (MENGENAI JARINGAN)

1. jelaskan apa yang dimaksud dengan jaringan!     jawab :     jaringan (network) adalah sebuah sisitem operasi yang terdiri atas sejumlah komputer     dan perangkat jaringan lainnya yang berkerja bersama sama untuk mencapai suatu      tujuan yang sama atau suatu jaringan kerja yang terdiri dari titik titik (nodes) yang      terhubung satu sama lain, dengan atau tanpa kabel.  2. apakah perbedaan jaringan dengan internet?     jawab:      perbedaan jaringan dengan internet yaitu: Jaringan komputer mengatur komputer dari mulai, proses, hingga akhir informasi atau data tersampaikan, yang disebut sebagai network hubs. Sedangkan, internet merupakan susunan umum PC (personal computer) yang saling berhubungan yang mengatur penggunaan konvensi Internet melalui protokol TCP / IP, dalam menghubungkan berbagai gadget di seluruh dunia. Internet membantu pengguna dalam mengakses World Wide Web (WWW), sedangkan koneksi jaringan membantu pengguna dalam mengakses perangkat komp

CONTOH FLOWCHART

3 CONTOH FLOWCHART YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEHIDUPAN SEHARI HARI contoh flowchart membuat kopi contoh flowchart membuat akun facebook contoh flowchart menghapus tulisan di buku