Langsung ke konten utama

SEJARAH ANIMASI DAN TOKOH ANIMASI

SEJARAH ANIMASI

Gambar terkait

      Sejarah mencatat pada tahun 30.000 SM (sebelum masehi) terdapat lukisan didinding goa di Spanyol yaitu gambar babi hutan dengan kaki berjumlah delapan. Hal ini menandakan orang dahulu sudah memikirkan cara menggambarkan sesuatu yang bergerak dengan menggunakan gambar yang bertumpuk.

      Pada tahun 1.600 SM di Yunani dan Mesir orang-orang sudah bisa menggambarkan gerakan dengan gambar yang berurutan. Hal ini di buktikan dengan lukisan di dinding piramida dan juga pada perabotan rumah tangga mereka. Selanjutnya pada tahun 1824 ditemukan sebuah alat sederhana bernama THAUMATROPE. Alat ini berbentuk lempengan dengan dua sisi saja seperti uang logam. Saat diputar dengan cepat tentunya kedua sisi itu akan memberikan kesan satu permukaan/ satu gambar.

      Pada tahun 1831 ditemukan alat lagi yaitu PHENAKISTOSCOPE. Alat ini berbentuk seperti kipas tangan, dengan gambar yang berurutan pada satu sisinya. Dan juga terdapat beberapa lubang untuk melihat adegannya saat diputar. Bila dilihat langsung tanpa lubang maka kita tidak bisa melihat gerakan pada alat ini. Namun bila dilihat dari balik lubang dan dipantulkan ke cermin maka kita bisa melihat gerakannya.

      Pada tahun 1867 ditemukan alat yang mirip dengan sebelumnya. Namanya ZOETROPE, atau biasa juga disebut dengan WEEL OF LIFE. Cara kerja alat ini mirip dengan alat sebelumnya, namun sekarang berbentuk tabung. Sehingga adegannya bisa diganti-ganti.

      Tahun 1868. Selanjutnya setelah teknik dan teknologi fotografi ditemukan maka hal ini juga berpengaruh apada teknologi animasi. Animasi sudah bisa di tampilkan dengan cara di foto terlebih dahulu kemudian di proyeksikan. Teknik ini disebut dengan flipbook, atau animasi pada lembaran kertas yang bisa di lihat dengan cara dibuka dengan cepat.

      JAMES STUART BLACKTON seorang tukang gambar (ilustrator) dari koran di New York mencoba membuat animasi stopmotion dengan menggunakan kapur tulis dan kamera foto. Disini James membuat adegan orang yang sedang merokok, seluruh adegan dan efek asapnya dibuat dengan kapur tulis. Film yang dia buat diberi judul: Humorous Phases of Funny Faces (1906)

      Tahun 1924, seorang ilustrator bernama Winsor Mc Cay membuat film animasi yang berjudul Gertie The Dinosaur. Film ini berdurasi lebih panjang dari film-film animasi yang sudah ada sebelumnya. Oleh sebab itu film ini layak di tayangkan di bioskop pada masa itu. Dan karenanya mana Winsor Mc Cay dinobatkan sebagai bapak animasi dunia.

      Tahun 1928 Walt Disney mengeluarkan film animasi yang sudah memiliki suara. Film pertama yang bersuara ini diberi judul Steamboat willie. Didalam film ini Walt Disney mengenalkan sosok Mickey tikus yang kita kenal sampai sekarang. Selang satu tahun, yaitu tahun 1929, Walt Disney mengeluarkan lagi film musikal berjudul The Skeleton Dance. Film ini menceritakan adegan menari para tengkorak, dan tentu saja adegannya sangat lucu dan menarik.

       Tahun 1932 Walt disney kembali mengeluarkan film animasi dengan judul Flowers & Trees. Dan menariknya, film animasi ini sudah menggunakan teknik pewarnaan. Sehingga lengkaplah sudah semua teknik dasar untuk sebuah film. Yaitu ada suara dan ada warnanya.

       Tahun 1936 Mulai bermunculan studio animasi baru. Diantaranya ada studio Warner bros yang mengeluarkan film bugs bunny. Tahun 1937 Kembali Walt Disney mengeluarkan film animasi musikal yang sampai sekarang selalu dikenang, yaitu “Snow white and the seven dwarfs” atau Putri salju dan tujuh kurcaci. Berikutnya muncul lagi studio animasi baru yang mengeluarkan film animasi Scuuby Doo. Tentu anda sangat akrab dengan film animasi ini karena sampai sekarang film ini masih sering ditayangkan di stasiun TV kita. Studio animasi itu adalah HANNA-BARBERA tahun 1970.

        Pada tahun 1995 sebuah film animasi CGI (Computer generated Imagery) muncul dengan judul Toy Story. Film 3D pertama ini dibuat oleh Studio Pixar. Sampai sekarang Pixar selalu mengeluarkan film-film animasi CGI yang berkualitas, seperti Finding Nimo, Mr Incredibles, Cars, dan lain-lain. Selanjutnya tahun 2001 studio Dreamworks juga mengeluarkan film animasi CGI pertamanya berjudul Shrek. Dan sampai sekarang juga Dreamworks animation selalu mengeluarkan film-film animasi CGI yang berkualitas, seperti: Kungfu panda, How to train your dragon, Madagascar, Bee the movie, dll. Hingga kini teknik animasi selalu dipakai baik dalam film layar lebar maupun film-film televisi. Perkembangan film animasi sangatlah pesat.


TOKOH TOKOH PEMBUAT ANIMASI

1. WALT DISNEY

Hasil gambar untuk WALT DISNEY

      Walter Elias Disney atau biasa dipanggil Walt Disney, merupakan tokoh yang sangat disegani di dunia animasi. Pria yang lahir pada 5 Desember 1901 dan wafat 15 Desember 1966 ini berprofesi sebagai pebisnis, animator, produser film, sutradara, penulis skenario, dan juga aktor. Walt juga dianggap sebagai ikon utama dalam industri animasi di Amerika dan seluruh dunia. Hal itu dikarenakan kontribusinya sangat berpengaruh besar pada industri animasi dan hiburan Amerika selama abad ke-20. Bersama dengan saudaranya, Roy O. Disney, Walt kemudian mendirikan Walt Disney Productions, yang menjadi salah satu studio film paling terkenal di dunia.

2. JOSEPH BARBERA


Gambar terkait

    pria bernama lengkap joseph roland barbera ini dikenal sebagai seorang animator, sutradara, produser, storyboard artist, dan kartun artis yang cukup berpengaruh di abad ke 20. semasa muda, barbera memulai karir pertamanya di new york. amerika. setelah menjalani kerja serabutan dan menggeluti profesi sebagai bankir kala itu, barbera kemudian bergabung van beuren studios pada tahun 1932 dan kemudian terrytoons tahun 1936.

3. WILLIAM HANNA

Hasil gambar untuk WILLIAM HANNA


     William Denby Hanna atau biasa dipanggil William Hanna, adalah seorang animator, sutradara, produser, dubber, dan cartoon artist, yang karyanya telah menghibur jutaan orang di dunia selama abad ke-20. Pada tahun 1937, saat bekerja di Metro-Goldwyn-Mayer (MGM), Hanna kemudian bertemu dengan Joseph Barbera. Kedua pria itu lalu memulai sebuah proyek kolaborasi yang diawali dengan produksi Tom and Jerry dan beberapa film live action. Pada tahun 1957, mereka mendirikan Hanna-Barbera, yang menjadi studio animasi televisi paling sukses di Amerika dan menghasilkan program-program seperti The Flintstones, Huckleberry Hound The Show, The Jetsons, Scooby-Doo, The Smurfs, dan Yogi Bear. Pada tahun 1967, Hanna-Barbera dijual ke Taft Broadcasting sebesar USD 12 juta (Rp 123 miliar), namun Hanna dan Barbera tetap menjadi kepala perusahaan tersebut sampai tahun 1991.

4. PHIL ORTIZ

Hasil gambar untuk PHIL ORTIZ


      phil ortiz adalah seorang animator kelahiran amerika, yang telah bekerja selama lebih dari 30 tahun sebagai seorang seniman profesional. hasil karyanya berupa komik strip di surat kabar dan kartun animasi. sebagai seorang animator, phil juga berhasil menenangkan lima penghargaan emmy berturut turut. phil bekerja di beberapa proyek terkenal seperti the simpsons dan the simpsons comics. dia juga membuat animasi untuk garfield, pac man dan the smurfs

5. JOHN LASSETER


Hasil gambar untuk john lasseter

  1. Pria bernama lengkap John Lasseter Alan ini lahir pada 12 Januari 1957. Ia adalah seorang animator, sutradara film, penulis skenario, produser dan sekaligus kepala kreatif Pixar dan Walt Disney Animation Studios. Karir pertama John dimulai ketika dirinya bekerja untuk The Walt Disney Company, di mana ia menjadi seorang animator. Ia telah memenangkan dua Academy Awards, untuk Film Pendek Animasi (untuk Tin Toy), serta Special Achievement Award (untuk Toy Story). 


  1. Inilah sepuluh animator paling berpengaruh di dunia. Apapun jika dilakukan dengan hati yang senang dan selalu fokus, sudah pasti kita bisa meraup kesuksesan di bidang tersebut kemudian hari. Terpesona dengan The Amazing Spiderman, Avatar, aksi robot di Transformer dan baju besi Iron Man, atau mungkin menunggu peluncuran The Hobbit. 

SUMBER:http://nearfarforever.blogspot.com/2015/03/10-tokoh-animatoryang-terkenal-di-dunia.html





Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM KOMPUTER (CARA KERJA SISTEM INPUT, OUTPUT DAN PROCES PADA KOMPUTER)

Bagaimanakah cara kerja sistem input, output dan proses pada komputer? 1. Pemasukan (Input) Tahap pemasukan (input) merupakan tahap awal dari proses pengolahan yang terjadi pada sistem komputer. Tahap ini berupa pemasukan data mentah ke dalam sistem komputer melalui input device. Contoh dari peralatan masukan (input device) diantaranya, keyboard, mouse, scanner, dll. Alat-alat inilah yang digunakan untuk memasukan data yang hendak diolah. Seperti hal nya keyboard, difungsikan untuk memasukan huruf, angka, maupun simbol-simbol lainnya ke dalam komputer yang selanjutnya akan diproses. 2. Pemrosesan (Process) Pada tahap ini, data yang telah dimasukan melalui peralatan input tadi akan diproses. Tahap proses ini dilakukan oleh processing device yaitu CPU. Yang mana CPU ini dapat melakukan fungsi perhitungan dan logika untuk perbandingan (ALU) dan juga mengontrol (CU). Pada tahap ini, data yang masih mentah tadi diproses sedemikian rupa sehingga data tersebut siap dicetak men

KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR (MENGENAI JARINGAN)

1. jelaskan apa yang dimaksud dengan jaringan!     jawab :     jaringan (network) adalah sebuah sisitem operasi yang terdiri atas sejumlah komputer     dan perangkat jaringan lainnya yang berkerja bersama sama untuk mencapai suatu      tujuan yang sama atau suatu jaringan kerja yang terdiri dari titik titik (nodes) yang      terhubung satu sama lain, dengan atau tanpa kabel.  2. apakah perbedaan jaringan dengan internet?     jawab:      perbedaan jaringan dengan internet yaitu: Jaringan komputer mengatur komputer dari mulai, proses, hingga akhir informasi atau data tersampaikan, yang disebut sebagai network hubs. Sedangkan, internet merupakan susunan umum PC (personal computer) yang saling berhubungan yang mengatur penggunaan konvensi Internet melalui protokol TCP / IP, dalam menghubungkan berbagai gadget di seluruh dunia. Internet membantu pengguna dalam mengakses World Wide Web (WWW), sedangkan koneksi jaringan membantu pengguna dalam mengakses perangkat komp

CONTOH FLOWCHART

3 CONTOH FLOWCHART YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEHIDUPAN SEHARI HARI contoh flowchart membuat kopi contoh flowchart membuat akun facebook contoh flowchart menghapus tulisan di buku