Langsung ke konten utama

DESAIN GRAFIS PERCETAKAN

1. jelaskan pengertian unsur unsur tata letak & macamnya!
    jawab: 
     Unsur ialah suatu hal yang seharusnya dimasukkan dalam suatu karya desain grafis. Ada banyak unsur dalam desain grafis, namun ada beberapa karya desain grafis yang tidak menuntut semua unsur dimasukkan sekaligus. Berikut merupakan unsur-unsur desain 
grafis :

1. Garis (Line)
   Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lainnya. contoh penggunaan garis misalnya:
  1. Garis lurus, garis lurus biasanya diidentikan dengan kesan kaku, variasi ini biasanya digunakan sebagai simbol formalitas.
  2. Garis lengkung, penggunaan garis lengkung biasanya memberikan kesan lembut dan luwes.
  3. Garis zigzag, garis zigzag sering dimaknai sebagai garis yang keras sekaligus dinamis.
  4. Garis tidak beraturan, garis ini bisanya menimbulkan kesan fleksibel dan informal.
  5. Garis horizontal, horizontal melambangkan kesan pasif.
  6. Garis vertikal, vertikal sering dimaknai sebagai bentuk garis yang memiliki kesan stabil.
  7. Garis diagonal, garis ini dapat diartikan sebagai makna aktif, dinamis dan menarik perhatian.


2. Bidang (Shape)
    Bidang atau biasanya juga disebut shape merupakan segala bentuk apapun yang memiliki dimensi tinggi dan lebar bidang dapat berupa bentuk-bentuk geometris seperti (lingkaran, segitiga, segiempat, elips, setengah lingkaran, dan sebagainya) dan bentuk-bentuk yang tidak beraturan.

3. Tekstur (Texture)
     Dalam desain grafis tekstur adalah nilai halus dan kasarnya sebuah benda, atau juga bisa disebut nilai raba. Penggunaanya dapat dimayakan untuk memberikan visual yang berkesan dan berkarakter. 

4. Ruang (Space)
      Ruang atau space merupakan jarak anatara suatu bentuk dengan bentuk yang lainnya, yang pada desain grafis biasanya dapat dijadikan sebagai unsur pemberi efek estetika desain.

5. Ukuran (Size)
      Ukuran adalah unsur lain dalam desain grafis yang mendefinisikan besar kecilnya suatu objek.

6. Warna (Colour)
    Warna adalah elemen dari unsur desain grafis yang menjadi penarik perhatian paling utama.

    Tata letak ialah susunan yang memadukan unsur-unsur komunikasi grafis. Dengan tata letak yang baik, dapat menghasilkan suatu desain atau media yang efektif dan efisien dalam menyampaikan pesan terhadap khalayak ramai.

2. jelaskan pengertian dari hieracrchy visual
    jawab: 
     visual hierarchy adalah metode informasi yang memungkinkan pembaca memahami arti penting dari informasi berdasarkan ukuran dan bentuk headline dan penempatannya di halaman.
3. apa yang dimaksud garis, fungsi garis, dan sebutkan jenis jenis garis
    jawab:
     Garis adalah bentuk geometri yang dilukiskan oleh sebuah titik yang bergerak. Garis hanya mempunyai satu dimensi yaitu panjang.

Fungsi Garis di dalam seni rupa:
  • Memberikan representasi atau citra struktur, bentuk, dan bidang. Garis ini sering disebut garis blabar (garis kontour) yang berfungsi sebagai batas/tepi gambar;
  • Menekankan nilai ekspresi seperti nilai gerak atau dinamika (movement), nilai irama (rhythm), dan nilai arah (dirrection). Garis ini disebut juga garis grafis;
  • Memberikan kesan matra (dimensi) dan kesan barik (tekstur). Garis ini sering disebut garis arsir atau garis tekstur. Garis tekstur lebih bisa dihayati dengan jalan meraba.

Macam-macam garis dan kegunaannya sebagai berikut ;
  1. Garis tebal atau disebut dengan garis tebal kontinyu digunakan untuk membuat garis tepi, garis gambar dan garis nyata lainnnya
  2. Garis tipis kontinyu, digunakan untuk garis-garis ukur, garis arsir, dan garis proyeksi serta garis bantu lainnya
  3. Garis kontinyu bebas, digunakan untuk garis batas dari pemotongan sebagian
  4. Garis gores tipis, digunakan untuk menyatakan garis gambar yang tidak terlihat/terhalang
  5. Garis Sumbu atau garis strip titik, digunakan untuk garis sumbu gambar
4. sebutkan jenis jenis bidang

5. apakah yang dimaksud dengan ilustrasi pada tata letak!
    jawab:
Ilustrasi
Merupakan unsur grafis yang sangat vital dan dapat disajikan mulai dari goresan atau titik sederhana sampai dengan kompleks. Ilstrasi berfungsi untuk :
-  Menarik perhatian
-  Merangsang minat pembaca terhadap keseluruhan pesan
-  Memberikan ekplanasi atas pernyataan
-  Menonjolkan keistimewaan daripada produk
-  Memenangkan persaingan
-  Menciptakan suasana khas 
-  Dramatisasi pesan
-  Menonjolkan suatu merk atau semboyan dan mendukung judul iklan

Ilustrasi dapat berupa gambar, foto, maupun garfis lainnya. Gambar merupakan penjelasan yang dapat menerjemahkan isi iklan secara menyelururh, mempu menarik perhatian sekaligus menangkap pandangan secara sepintas. 

6. jelaskan apakah yang dimaksud dengan readability dan legbility
    jawab:
   readability adalah tingkat kenyamanan / kemudahan suatu susunan huruf saat dibaca, yang dipengaruhi oleh: Jenis huruf. Ukuran. Pengaturan, termasuk di dalamnya alur, spasi, kerning, perataan, dan sebagainya.

   Legibility adalah tingkat keterdeteksian huruf saat dipotong dengan ekstrim hingga bagian tertentu yang masih bisa dikenali.

7. apakah yang dimaksud dengan tipografi
    jawab:
   Tipografi atau tata huruf merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf/tulisan dengan memperhatikan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong para pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM KOMPUTER (CARA KERJA SISTEM INPUT, OUTPUT DAN PROCES PADA KOMPUTER)

Bagaimanakah cara kerja sistem input, output dan proses pada komputer? 1. Pemasukan (Input) Tahap pemasukan (input) merupakan tahap awal dari proses pengolahan yang terjadi pada sistem komputer. Tahap ini berupa pemasukan data mentah ke dalam sistem komputer melalui input device. Contoh dari peralatan masukan (input device) diantaranya, keyboard, mouse, scanner, dll. Alat-alat inilah yang digunakan untuk memasukan data yang hendak diolah. Seperti hal nya keyboard, difungsikan untuk memasukan huruf, angka, maupun simbol-simbol lainnya ke dalam komputer yang selanjutnya akan diproses. 2. Pemrosesan (Process) Pada tahap ini, data yang telah dimasukan melalui peralatan input tadi akan diproses. Tahap proses ini dilakukan oleh processing device yaitu CPU. Yang mana CPU ini dapat melakukan fungsi perhitungan dan logika untuk perbandingan (ALU) dan juga mengontrol (CU). Pada tahap ini, data yang masih mentah tadi diproses sedemikian rupa sehingga data tersebut siap dicetak men

KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR (MENGENAI JARINGAN)

1. jelaskan apa yang dimaksud dengan jaringan!     jawab :     jaringan (network) adalah sebuah sisitem operasi yang terdiri atas sejumlah komputer     dan perangkat jaringan lainnya yang berkerja bersama sama untuk mencapai suatu      tujuan yang sama atau suatu jaringan kerja yang terdiri dari titik titik (nodes) yang      terhubung satu sama lain, dengan atau tanpa kabel.  2. apakah perbedaan jaringan dengan internet?     jawab:      perbedaan jaringan dengan internet yaitu: Jaringan komputer mengatur komputer dari mulai, proses, hingga akhir informasi atau data tersampaikan, yang disebut sebagai network hubs. Sedangkan, internet merupakan susunan umum PC (personal computer) yang saling berhubungan yang mengatur penggunaan konvensi Internet melalui protokol TCP / IP, dalam menghubungkan berbagai gadget di seluruh dunia. Internet membantu pengguna dalam mengakses World Wide Web (WWW), sedangkan koneksi jaringan membantu pengguna dalam mengakses perangkat komp

CONTOH FLOWCHART

3 CONTOH FLOWCHART YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEHIDUPAN SEHARI HARI contoh flowchart membuat kopi contoh flowchart membuat akun facebook contoh flowchart menghapus tulisan di buku