Langsung ke konten utama

SISTEM KOMPUTER

1. apakah yang dimaksud dengan binari counter, apakah yang dimaksud dengan binari counter, decade counter, Up & down counter, BCD counter?
    jawab:
    
  •     Binary Counter adalah suatu rangkaian logika yang terdiri dari 4 buah Flip-Flop yang mampu melaksanakan perhitungan sampai bilangan 16.

  •     Decade counter adalah dalam elektronika dikenal sebagai komponen IC yang mempunyai 10 pin/kaki output yang mana outputnya ini nyala bergantian satu persatu tanpa jeda. IC decade counter ini termasuk jenis IC TTL.

  •     up & down counter yaitu Kedua jenis pencacah ini merupakan salah satu dari jenis pencacah yang sifatnya menghitung/mencacah suatu bilangan. Counter Up merupakan suatu rangkaian terpadu yang dirancang untuk digunakan dalam mencacah suatu bilangan decimal secara maju, atau dari bilangan decimal terkecil ke nilai yang terbesar sesuai dengan perintah masukan yang dikehendaki. Sedangkan Counter Down merupakan kebalikan dari Counter Up, yaitu Sistim pencacah dari yang bilangan decimal terbesar menuju yang terkecil.

  •     BCD counter adalah suatu cara penulisan angka desimal yang pada setiap digitnya direpresentasikan dengan bilangan biner. BCD biasanya direpresentasikan oleh 4 bit bilangan biner yang mempresentasikan angka 0-9. Seven segment adalah alat tampilan elektronik yang bisa menampilkan penomoran decimal. Seven segment biasanya diidentifikasi dalam industri menggunakan huruf a‐g.
   
2. apakah yang dimaksud dengan time line sinyal rangkaian digital?
    jawab :
    
         Sinyal digital dapat dibangkitkan oleh oleh saklar hidup-mati yang sederhana, dapat
    juga dibangkitkan oleh suatu resistor yang berubah hidup dan mati. Sejak beberpa tahun 
    terakhir ini sinyal elektronika biasanya dibangkitkan dan diolah oleh rangkaian terpadu ( 
    IC, integrated circuit ). Suatu multimeter digital (DMM) merupakan suatu contoh peralatan
    pengukuran digital. Bila arus, hambatan atau tegangan yang diukur oleh DMM naik, maka
    akan pada tayangan/ display meloncat ke atas dengan langkah yang kecil. Bila tangkai
    gesser pada potensiometer digeser ke atas, maka tegangan dari titik A ke B akan 
    berangsur-angsur naik.

         Kelemahan dari suatu sistem rangkaian digital adalah tingginya daya
      energi yang dibutuhkan untuk mengubah kode desimal menjadi kode mesin atau
    kode biner. Selain itu rangkaian digital mempunyai komponen-komponen yang
    kebanyakan tersusun atas komponen  IC (Integrated Circuit) yang di dalamnya terdapat
    kumpulan bahkan puluhan ribu gerbang logika.  Dengan kata lain, pada umumnya 
    komponen ini sangat rapuh dan butuh biaya yang cukup mahal untuk menggantikan 
    komponen IC.

         Meskipun memiliki kelemahan dalam hal biaya tetapi rangkaian digital ini      sangat efisien atau hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk mengkonversi data  desimal kedalam bahasa yang dapat dimengerti oleh mesin karena hanya menggunakan kapasitas memori yang efisien. Adanya network interface juga merupakan nilai plus bagi rangkaian digital.
3. jelaskan pengertian half & full subtractor?
    jawab :

   Half Subtractor half subtractor adalah rangkaian pengurangan sistem bilangan biner yang paling sederhana, karena hanya dapat digunakan untuk operasi pengurangan data bilangan biner sampai 1 bit saja. rangkaian ini memiliki 2 terminal input (a dan b) dan 2 terminal output (difference dan borrow) sedangkan, 

   full subtractor : full subtractor adalah rangkaian yang digunakan untukn pengurangan bilangan-bilangan  biner yang lebih dari 1 bit. rangkaian ini terdiri dari 3 terminal input (a, b, dan carry-in) dan 2 terminal output (difference dan borrow). rangkaian full subtractor dibentuk dari 2 buah rangkaian half subtractor.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM KOMPUTER (CARA KERJA SISTEM INPUT, OUTPUT DAN PROCES PADA KOMPUTER)

Bagaimanakah cara kerja sistem input, output dan proses pada komputer? 1. Pemasukan (Input) Tahap pemasukan (input) merupakan tahap awal dari proses pengolahan yang terjadi pada sistem komputer. Tahap ini berupa pemasukan data mentah ke dalam sistem komputer melalui input device. Contoh dari peralatan masukan (input device) diantaranya, keyboard, mouse, scanner, dll. Alat-alat inilah yang digunakan untuk memasukan data yang hendak diolah. Seperti hal nya keyboard, difungsikan untuk memasukan huruf, angka, maupun simbol-simbol lainnya ke dalam komputer yang selanjutnya akan diproses. 2. Pemrosesan (Process) Pada tahap ini, data yang telah dimasukan melalui peralatan input tadi akan diproses. Tahap proses ini dilakukan oleh processing device yaitu CPU. Yang mana CPU ini dapat melakukan fungsi perhitungan dan logika untuk perbandingan (ALU) dan juga mengontrol (CU). Pada tahap ini, data yang masih mentah tadi diproses sedemikian rupa sehingga data tersebut siap dicetak men

KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR (MENGENAI JARINGAN)

1. jelaskan apa yang dimaksud dengan jaringan!     jawab :     jaringan (network) adalah sebuah sisitem operasi yang terdiri atas sejumlah komputer     dan perangkat jaringan lainnya yang berkerja bersama sama untuk mencapai suatu      tujuan yang sama atau suatu jaringan kerja yang terdiri dari titik titik (nodes) yang      terhubung satu sama lain, dengan atau tanpa kabel.  2. apakah perbedaan jaringan dengan internet?     jawab:      perbedaan jaringan dengan internet yaitu: Jaringan komputer mengatur komputer dari mulai, proses, hingga akhir informasi atau data tersampaikan, yang disebut sebagai network hubs. Sedangkan, internet merupakan susunan umum PC (personal computer) yang saling berhubungan yang mengatur penggunaan konvensi Internet melalui protokol TCP / IP, dalam menghubungkan berbagai gadget di seluruh dunia. Internet membantu pengguna dalam mengakses World Wide Web (WWW), sedangkan koneksi jaringan membantu pengguna dalam mengakses perangkat komp

CONTOH FLOWCHART

3 CONTOH FLOWCHART YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEHIDUPAN SEHARI HARI contoh flowchart membuat kopi contoh flowchart membuat akun facebook contoh flowchart menghapus tulisan di buku